Selasa, 14 Agustus 2012

Mereka pun tak mau sendiri


Hmmmm…  hidup di dunia ini kita g kepengen sendirian kan?? Lau ada orang tersebut mesti dicurigai jangan2 dia psikopat lagi, atau dia paranoid atau yah istilah2 lainnya lah… :D didunia ini kita butuh teman untuk berbagi, untuk di jak becanda, berantem, bertukar pikiran dan lain2nya, coba bayangin az kalo kita bener2 hidup sendirian??
Ngomong2 tha jadi keinget waktu tha praktek di panti wredha siti khadijah kab.cirebon, disitu terdapat 25 lansia dengan latar belakang berbeda, ada yang dari kalangan orang2 berada ada juga dari kalangan ekonomi yang biasa2 saja. tha g membedakan mana yang ekonomi kelas atas ataupun kelas biasa, disini tha pengen ngebahas kenapa mereka sampai berada di tempat tersebut? Bukankan kalau mereka dirumah kehidupan mereka lebih terjamin??
Setelah tha dan temen2 melakukan interview ke beberapa lansia tersebut hati tha terenyuh, banyak alasan yang membuat mereka lebih memilih tinggal dipanti tersebut , salah satunya  mereka berada ditempat tersebut karna keinginan keluarga. istilah kasarnya keluarga mereka ingin beliau jauh dari mereka. Saat itu tha bener g nyangka ternyata ada yah keluarga yang ingin menjauhkan anggota keluarganya sendiri?? dengan alasan beban ekonomi bertambah, bukannya dengan menempakan mereka beban ekonomi mereka tetp saja bertambah?? Untuk biaya makan, mess, dan lain2 nya???  Ada lagi alasan karna mereka sering sakit2an, bukankah memang sudah tugas kita sebagai anak cucu untuk merawat mereka? Dan banyak alasan dilontarkan saat itu.. menurut tha itu Cuma alasan kuno yang tidak masuk akal.
Pernah tidak sih kita membayangkan jika kita diposisi mereka, saat kondisi fisik mulai melemah, saat ingin tetap menikmati masa2 pensiaun di tengah keluarga, kita justru di jauhkan dari mereka. Pasti akan timbul rasa dimana kita merasa terasingkan, merasa dibuang, tidak dibutuh kan, dan ada rasa rendah diri dalam diri kita. Itulah yang selama ini beliau rasakan, beliau rindu di panggil eang oleh cucu2 nya, beliau rindu mendenganr tawa renyah dari keluarganya, beliau juga rindu berargumen bersama keluarga. saat itu tha bener2  g bisa nahan air mata tha. Tha bener2 terenyuh, tha g bisa bayangin jika posisi tha seperti itu, apa yang harus tha lakukan????
Hari tu yang bisa tha lakuin bareng temen2 adalah coba menghibur mereka, mendengarkan keluhan mereka, membuat sebuah permainan, membantu menyiapkan makanan, berusaha untuk membuat mereka tersenyum dan melupakan sejenak rasa sedih di hati mereka. Dan yah sedikit mengurangi rasa kangen mereka pada keluarga mereka.
Sebagai anak harusnya kita menrima orang tua apa adanya. Adakalanya kita tidak suka, tidak bisa menerima bagian tertentu dari orang tua kita. Jika mereka tidak mau kenapa kita mesti memaksakan?? Bukaknkah kita masih bisa merawat nya??
Jangan biarkan orang tua kita merasa sendiri , merasa terasingkan, merasa tidak diinginkan, karna sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk merawat keduanya.
 Rasululllah SAW bersabda : “ Orang tua adalah pintu pertengahan menuju syurga. Bila engkau mau silahkan engkau pelihara. bila tidak mau, silahkan untuk tidak memperdulikannya.” (di riwayatkan oleh At-Tirmidzi dan di shahihkan oleh Al-Albani).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar