Kamis, 21 Maret 2013

Analisa Gas Darah

tugas pertama yang diberikan oleh dosen pengajar Medsur (Medikal Surgical), tugas yang akan membuat mahasiswa tingkat 4 ini jadi fraktur n kehilangan keseimbangan. walaupun tugas ini sebelumnya memang pernah di pelajari saat masih SMA dulu, tetapi karna memang memori dan daya ingat kita terlalu rendah makanya mengganggu ekuilibrium yang sudah ada di tingkat 4 ini.

Gas darah ini memungkinkan untuk pengukuran PH (dan juga keseimbangan asam basa), oksigenisasi, kadar karbondioksida, kadar bikarbonat, saturai oksigen, dan kelebihan atau kekurangan basa. kalo sudah membahas asam basa tha pikir akan panjang nih urusannye, so.. kita harus nyiapain senjatanya dari sekarang. tujuannya untuk menilai tingkat keseimbangan asam dan basa, bisa juga untuk mengetahui kondisi pernafasan dan kardiovaskuler, kemudian untuk menilai fungsi metabolisme tubuh kita. Tempat pengambilan darah nya itu melalui arteri radialis, arteri ulnaris, arteri brakialis, arteri femoralis, arteri tibialis posteriaor, dan arteri dorsalis pedis. untuk arteri femoralis atau brakialis sebaiknya tidak digunakan jika masih ada alternatif yang lain, karena arteri ini tidak akan cukup untuk mampu mengatasi apabila terjadi spame atau trombosis. sedangkan untuk arteri temporalis atau sxialis sebaiknya digunakan karena adanya resiko emboli otak.
 n NOw, Untuk analisa Gas Darahnya kita dapat melihat :
1. pH : pH normal dari darah yaitu antara 7,35-7,45. jika pH darah di bawah 7,35 berarti asidosis, dan jika pH darah lebih dari 7,45 berarti alkalosis
2. CO2 : Kadar pCO2 normal adalah 35-45 mmHg. jk di bawah 35 maka alkalosis dan jk diatas 45 maka asidosis
3. HCO3 : nilai normalnya yaitu 22-26 mEq/L. jika di bawah 22 maka asidosis dan jika diatas 26 maka alkalosis
4. membandingkan CO2 atau HCO3 dengan pH. hal ini untuk menentukan kelinan asam basanya. 
5. melihat apakah CO2 dengan HCO3 itu berlawanan atau tidak dengan pH
6. melihat pO2 dan saturasi O2

so, ini bener2 membuat kita kehilangan keseimbangan kan?? but GOOD Luck, the succes depend of your fight- plese take your dream in front of your eyes and reach that as strong as your fight.

thank too ibu wati prihastuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar