Senin, 18 Maret 2013

Efek Samping (Baik dan Buruk) Mengunyah Permen Karet

sumber : wordpres.com

hmmm setelah berpusing-pusing dengan perbaikan skripsi yang g kunjung selesai juga, akhirnya tha putuskan untuk sekedar share sedikit tentang Efek samping dari mengunyah permen karet. kasus ini pastinya udah lazim n sering terjadi dikehidupan sehari-hari kita. hanya saja kadang kita memang tidak begitu open dengan hal2 yang terjadi di sekitar kita. tha terinspirasi dari buku yang baru saja tha baca  buku dari DR. Karl Kruszelnicki ini. buku ini kumpulan dari "Mitos-Mitos Besar yang Keliru"  penemu permen karet adalah Thomas Adams (New York), beliau ini awalnya gagal mengubah chicle menjadi permen karet yang murah, tapi kemudian dia teringat akan anaknya yang kelihatan tampak senang saat mengunyah chicle. sehingga pada tahun 1871 bola-bola chicle tanpa rasa itu pertama kali dijual. nah apa aj sih isi dari permen karet??
untuk pemanis dan bahan aktifnya yaitu dari sorbitol (diekstrak dari jagung atau gandum), maltitol (di ekstrak dari jagung atau kulit pohon birch), isomalt (diekstrak dari gula), Aspartam (secara kimia menghasilkan efek manis 200 kali lebih tinggi dari pada gula), gula, propolis, baking soda, dekstrosa, kalsium, seng, vitamin, fluorida. nah dari bahan2 tersebut otomatis ada efek samping (baik dan buruk) permen karet, apalagi kita memang telah mengunyah permen karet selama ribuan tahun. salah satu efek baik dari mengunyah permen karet adalah, produksi air liur dalam mulut kita akan meningkat, yang biasanya bagus dalam kesehatan mulut dan pernapasan kita. air liur ini kemudian dapat menetralkan beberapa asam dalam makanan tertentu. Efek buruknya (relatif jarang) dari mengunyah permen karet meliputi diare, sakit perut, dan kembung (akibat dari sorbitol dalam permen karet tanpa gula). bahkan yang lebih jarang adalah tukak mulut (akibat rasa kayu manis), tekanan darah tinggi, dan kadar kalium yang rendah dalam darah (akibat cita rasa liquorice). efek samping yang sangat jarang terjadi juaga adalah tingkat merkuri darah lebih tinggi dari amalgam dental pada tambalan gigi yang sudah ada dalam mulut kita. merkuri tersebut akan melumerkan amalgam sehingga masuk ke dalam air liur, dan kemudian ke aliran darah. namun ini juga terjadi hanya pada kasus mengunyah permen karet yang berlebihan. banyak efek samping yang terjadi jika kita mengunyah permen karet secara berlebihan, dan bahkan untuk sebagian orang mengunyah permen karet adalah rutinitas sehari-hari tanpa merasakan efek samping yang membahayakan.
Kita juga harus ingat mengunyah permen karet di tempat umum akan menimbulkan "gumfitti", yang berarti polusi permen karet di temapt umum.



Sumber : Dr Karl Kruzelnicki ( Cleopatra si cantik dan si buruk rupa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar