Minggu, 30 Juni 2013

“Jeruk Dan Vitamin C”


Diantara kita pastinya udah banyak yang tahu tentang jeruk yang kaya akan vitamin C, bahkan terkadang orang tua kita juga menganjurkan kita untuk mengkonsumsi Vitamin C, agar kita tidak kekurangan Vitamin C. Kekurangan vitamin C itu sendiri adalah salah satu penyakit nutrisi tertua yang biasa kita kenal sebagai “skobut”, yang gejalanya itu meliputi gusi berdarah, gigi tanggal, pendarahan dibawah kulit, penyembuhan luka yang relative lamban, dan tulang sendi yang sedikit kaku dan sakit. Skoburt ini umumnya sering terjadi pada para pelaut, yang menghabiskan waktu yang lama dilaut tanpa mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran.
Vitamin C ini penting bagi proses metabolisme manusia, seperti halnya dalam pembuatan kolagen, yang dibutuhkan untuk pembentukan tendon, tulang dan kulit yang sehat (itulah sebabnya kekurangan Vit C dapat menyebabkan skorbut). Vitamin C juga digunakan untuk membuat dan melepaskan hormone pada kelenjar adrenalin, serta mempertahankan integritas struktural pembuluh darah, dan masih banyak lagi.
Saat ini yang direkomendasikan setiap harinya untuk asupan Vitamin C adalah sekitar 50-100mg perhari. Tergantung dinegara mana kita tinggal. Sebagian ilmuan berpendapat bahwa RDA itu seharusnya lebih tinggi.
Vitamin ini juga mempunyai berbagai manfaat lain, berdasarkan survey makanan yang telah dilakukan pada 23.000 orang menunjukkan bahwa jika mereka tidak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, mereka memiliki peluang dua kali lebih besar untuk mengalami peradangan poliartitis dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi banyak buah dan sayuran.
Nah hubungannya dengan Jeruk, jeruk sitrun dan jeruk nipis ini, akan memberi kita jumlah vitamin yang sama  yaitu sekitar 50 mg. sedangkan buah kiwi mengandung 70 mg, dan buah cabai memberi kita sekitar 100mg. Nah raja dari timbunan Vitamin C ini ternyata dimiliki oleh Paprika. Untuk paprika hijau mentah ini akan memberi kita 90 mg, sementara untuk paprika merah mentah ini akan ember kita 170 mg. jadi, mulai sekarang kita membeli setengah lusin paprika dalam belanja buah mingguan kita.

Dengan demikian, jeruk memang kaya vitamin C  tetapi paprika jauh lebih kaya. Jadi jika kita merasa seolah kekukarangan vitamin C maka makanlah beberapa buah paprika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar